2 Februari 2008

jambore Nasional


Jambore Nasional 200615-07-2006


Jambore Nasional 2006 akan diselenggarakan pada saat liburan sekolah tahun ini di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Peserta Jamnas 2006 secara keseluruhan termasuk Pembina Pendamping dan Dokter kontingen yang berasal dari 32 Kwarda dan 447 Kwarcab se-Indonesia termasuk Pramuka Gudep Perwakilan RI dan Pramuka Luar Biasa sebanyak 18.795 orang.

Sedangkan peserta dari luar negeri berjumlah sebanyak lebih dari 150 orang yang berasal dari negara sahabat yaitu Persekutuan Pengakap Malayasia, Persekutuan Pengakap Negeri Brunei Darussalam, Bangladesh Scout Association, Nepal Scout, Boy Scout of The Philippines, Singapore Scout Association, Scout Association of Japan.
Jambore Nasional disingkat Jamnas merupakan perkemahan besar bagi anggota Pramuka Penggalang yang dilaksanakan lima tahun sekali sebagai wahana dan sarana pendidikan yang strategis untuk mengembangkan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan bagi Pramuka Penggalang sebagai kader pemnbaharuan bangsa di masa depan yang bermoral Pancasiladan berwatak luhur, mandiri, bertanggung jawab, peduli dan memiliki komitmen dalam penerpaan Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari.
Tema Jambore Nasional kali ini “Satu Hati, Satu Janji, Satu Bumi Pertiwi”.

Tema ini memiliki makna yang sangat dalam sebagai upaya menumbuhkan semangat dan rasa kebangsaan kepada generasi muda untuk memperkokoh keutuhan dan sekaligus membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia . Kegiatan dalam Jamnas 2006 ini dibagi dalam 7 (tujuh) kelompok kegiatan yaitu kegiatan umum; kegiatan keterampilan; kegiatan petualangan hutan, gunung; kegiatan bakti, kegiatan seni dan budaya, kegoatan wisata; dan kegiatan khusus termasuk kegiatan bagi orang dewasa. Setiap kelompok kegiatan terdiri dari berbagai macam aktifitas. Kegiatan tidak terpusat di Bumi Perkemahan Kiarapayung saja, melainkan tersebar di 5 (lima) subcamp yaitu di Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang dan Kabupaten Garut.
Jambore nasional yang diikuti Pramuka Penggalang dari seluruh tanah air serta organisasi kepanduan dari luar negeri, amat berguna untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara kalian yang berasal dari berbagai suku, bahasa, agama dan adat istiadat yang berbeda serta dengan teman-teman dari negara lain. Jadikanlah pula Jambore Nasional ini menjadi wahana perekat keutuhan bangsa.

Tidak ada komentar: